Latihan Pemahaman
A. Tanggap Cegah Perundungan!
Pencegahan perundungan dapat dilakukan dalam tiga kerangka layanan yang berdasar pada Prinsip Penanggulangan di Satuan Pendidikan, antara lain...
Jawaban : Layanan Dasar
Seberapa tepatkah penanganan guru yang langsung menasehati korban dan pelaku pada saat perundungan terjadi?
Jawaban : Kurang tepat
B. Semua Berperan dalam Mencegah Perundungan
Pencegahan perundungan di satuan pendidikan perlu diupayakan oleh…
Jawaban : Semua benar
Menciptakan iklim sekolah yang positif dapat dilakukan dengan...
Jawaban : Semua benar
Di sekolah, murid menjadikan guru sebagai teladan. Hal yang perlu dihindari saat berinteraksi dengan murid adalah…
Jawaban : Menasehati murid secara berlebihan
2. Post test
1.
Mengajak peserta didik untuk berperan aktif mencegah perundungan dapat dilakukan dengan…
A. Membuat tata tertib terkait isu perundungan
B. Membuat larangan tindak kekerasan di sekolah
C. Membuat alur pengaduan yang jelas dan mudah diikuti
D. Mengajak murid terlibat dalam program Roots
Pembahasan :
Jawaban : D
2. Kegiatan menumbuhkan empati yang kurang tepat dilakukan di jenjang SMA adalah…
A. Melakukan kegiatan bermain peran
B. Mengadakan lomba esai anti-perundungan
C. Menonton dan menganalisis film tentang perundungan
D. Mempraktikkan tindakan kekerasan secara nyata
Pembahasan :
Jawaban : D
3. Berikut adalah contoh pencegahan perundungan di sekolah berdasarkan kerangka layanan dukungan sistem, yaitu…
A. Tanggap menangani kasus perundungan dengan menggunakan prosedur penanganan yang telah ada
B. Bekerja sama dengan kepolisian setempat
C. Seminar Anti Cyber-bullying saat Masa Orientasi Peserta Didik Baru
D. Konsultasi dengan Dinas Pendidikan untuk membuat prosedur penanganan dan pendampingan kasus perundungan
Pembahasan :
Jawaban : D
4. Berikut ini yang bukan termasuk pelibatan murid dalam upaya pencegahan kasus perundungan adalah…
A. Mengajak murid menjadi sekutu untuk melawan perundungan di sekolah
B. Mengajak murid untuk mengasah empati melalui kegiatan bonding di kelas
C. Mengajak murid untuk melaporkan kasus perundungan yang mereka saksikan
D. Mengajak murid untuk fokus belajar secara mandiri di dalam kelas
Pembahasan :
Jawaban : D
5. Di bawah ini yang bukan merupakan informasi layanan pengaduan perundungan di satuan pendidikan yang tepat adalah…
A. https://sekolahaman.kemdikbud.go.id
B. Nomor telepon sekolah
C. www.lapor.go.id
D. Nomor telepon kantor polisi terdekat
Pembahasan :
Jawaban : C
6.
Salah satu langkah yang dapat dilakukan guru untuk mencegah terjadinya perundungan di sekolah adalah…
A. Memastikan keadaan anak di rumah baik-baik saja
B. Berkunjung ke seluruh rumah peserta didik untuk memastikan keadaan murid
C. Memberikan pengetahuan mengenai perundungan kepada murid
D. Menjadi narasumber terkait isu perundungan di lingkungan tempat tinggal
Pembahasan :
Jawaban : C
7. Salah satu kegiatan menumbuhkan empati yang dapat dilakukan pada jenjang PAUD adalah…
A. Membuat lomba esai anti-perundungan
B. Menonton dan menganalisis film
C. Membuat lomba debat mengenai isu perundungan
D. Menceritakan perasaan
Pembahasan :
Jawaban : D
8.
Bagaimana Fasilitator Guru harus bersikap selama pertemuan Program Roots?
A. Mengadakan pertemuan yang interaktif dan ceria
B. Meneruskan pertemuan walaupun murid belum memahami
C. Menyampaikan materi dengan metode ceramah
D. Meminimalisasi terjadinya diskusi agar durasi program tidak terlalu lama
Pembahasan :
Jawaban : A
0 Comments