SOAL DAN KUNCI JAWABAN POST TEST PELATIHAN MANDIRI TOPIK KRITERIA KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN MODUL 2 MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN


1. Contoh pertanyaan refleksi yang dapat digunakan untuk mengetahui reliabilitas sebuah asesmen adalah…


A. Apakah penilaian yang saya gunakan benar-benar mencerminkan proses pembelajaran yang utuh?


B. Mengapa saya memilih topik ini untuk mencapai CP?


C. Strategi baru apa yang telah saya coba akhir-akhir ini yang mungkin bermanfaat bagi peserta didik?


D. Dengan cara apa saya memberikan pengalaman yang menantang peserta didik dalam proses belajar?


Jawab : D


 


2. Kegiatan yang kurang tepat dalam melakukan tindak lanjut ketercapaian tujuan pembelajaran adalah…


A. Melakukan tes ulang tanpa melakukan diferensiasi belajar


B. Melakukan refleksi proses belajar bersama peserta didik


C. Melakukan diferensiasi proses belajar


D. Melakukan refleksi diri


Jawab : A


 


3. Pernyataan yang tidak sesuai dengan prinsip asesmen sumatif adalah...


A. Menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas.


B. Menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kelulusan.


C. Penilaian yang digunakan untuk menyediakan informasi yang berkaitan dengan ketercapaian kurikulum oleh peserta didik


D. Menilai proses belajar untuk memetakan kemampuan murid di awal


Jawab : D


 


4. Pak Edi mendapati ada peserta didik yang kesulitan saat mencapai tujuan pembelajaran karena memiliki hambatan dalam memahami konsep yang lebih abstrak. Hal yang dapat Pak Edi lakukan adalah…


A. Marah terhadap peserta didik tersebut


B. Menyediakan bantuan belajar yang lebih intensif


C. Menyediakan waktu yang sedikit lebih panjang untuk mengerjakan asesmen


D. Memberikan hukuman


Jawab : B


 


5. Bu Siti mendapati ada peserta didik yang tidak mencapai kriteria tujuan pembelajaran karena pengerjaan asesmen sumatif yang tidak maksimal. Hal yang dapat Bu Siti lakukan adalah…


A. Melakukan pendekatan atau strategi belajar yang berbeda


B. Menyediakan bantuan belajar yang lebih intensif


C. Menyediakan waktu yang sedikit lebih panjang untuk mengerjakan asesmen


D. Memberikan hukuman


Jawab :C


 


6. Hasil asesmen awal dapat digunakan untuk rujukan strategi mencapai tujuan pembelajaran, karena...


A. Dapat digunakan sebagai nilai rapor


B. Dapat digunakan untuk dasar merancang alur tujuan pembelajaran serta proses diferensiasi


C. Dapat digunakan untuk diskusi dengan orang tua


D. Bisa digunakan sumatif


Jawab : B


 


7. Bu Nia sedang mendapati adanya peserta didik yang mengalami kesulitan ketika mencapai tujuan pembelajaran, karena mempunyai hambatan dalam memahami konsep yang lebih abstrak. Maka yang dapat dilakukan bu Nia yaitu...


A. Memberikan hukuman pada peserta didik


B. Dengan bantuan belajar yang intensif


C. Menyediakan waktu sedikit lebih panjang untuk melakukan asesmen


D. Guru marah pada peserta didik


Jawab : C


 


8. Pak Wawan sedang mendapati kondisi siswa-siswi yakni hampir semuanya mengalami kesulitan ketika mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan karena ada konsep dasar yang belum dimengerti peserta didik dengan baik. Selanjutnya yang dapat dilakukan pak Wawan yaitu...


A. Memberi hukuman terhadap siswa-siswi


B. Adanya soal remedial sama dengan sebelumnya


C. Memodifikasi alur tujuan pembelajaran guna mengerjakan penguatan konsep dasar


D. Membuat soal yang sama dengan soal latihan


Jawab : C 



ARTIKEL TERBARU

Comfortable sound for live
Comfortable sound for live

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment