1. Latihan Pemahaman
A. Dipaksa Dulu, Nanti Terbiasa
Sebutkan dampak pemaksaan jangka panjang bagi murid?
Jawaban : Kemerdekaan berekspresi dan potensi murid terbatasi
B. Motivasi Perilaku Mengindari Rasa Sakit/Hukuman
Berikut cara guru mengatasi perilaku buruk murid, kecuali:
Jawaban : Menambah hukuman agar jera
Berikut merupakan pendisiplinan level 1:
Jawaban : Menerapkan lari keliling lapangan jika terlambat upacara
C. Motivasi Perilaku Menginginkan Hadiah atau Pujian
Hadiah/pujian yang diberikan dapat menjadi motivasi melakukan sesuatu. Pujian/hadiah termasuk jenis motivasi?
Jawaban : Eksternal
D. Motivasi Perilaku Menghargai Diri
Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena ….
Jawaban : Semua benar
2. Post test
1. Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan contoh perilaku memaksa oleh guru ke murid?
A. Menambah nilai sebesar 10 poin untuk pengumpulan tugas tepat waktu
B. Mengurangi nilai sebesar 10 poin untuk keterlambatan pengumpulan tugas
C. Menambah nilai sebesar 15 poin untuk pengumpulan tugas sebelum batas waktu
D. Semua jawaban benar
Pembahasan :
Jawaban : B
2. Perilaku memaksa TIDAK efektif untuk melatih murid untuk disiplin, karena ….
A. Bersifat eksternal
B. Ada konsekuensi langsung yang diterima
C. Mendapatkan kepatuhan yang segera
D. Perubahan perilaku langsung terlihat
Pembahasan :
Jawaban : A
3. Sebagai pendidik, kita sebaiknya menerapkan cara-cara yang dapat membantu murid menjadi termotivasi secara internal. Manakah yang BUKAN merupakan contoh dari membantu murid menjadi termotivasi secara internal?
A. Memandu murid mengidentifikasi cita-citanya
B. Memberi semangat kepada murid dengan kata-kata positif
C. Membantu murid menemukan cara-cara yang bisa membuat dirinya termotivasi
D. Mendorong murid untuk menemukan tokoh atau kisah yang bisa menjadi inspirasinya
Pembahasan :
Jawaban :B
4. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu murid untuk berperilaku dengan alasan menjadi orang yang didambakan, KECUALI ….
A. Nilai baik apa yang kamu percayai?
B. Apa tujuan yang ingin kamu capai?
C. Kamu ingin menjadi seseorang seperti apa?
D. Apa pendapat orang tentang dirimu pada saat kamu melakukan itu?
Pembahasan :
Jawaban : D
5. Sejak kecil, Rian sudah terbiasa untuk belajar secara mandiri. Ada orang tuanya atau tidak, ia tetap belajar sesuai dengan waktu yang sudah ia tetapkan sendiri. Ia sudah memiliki motivasi internal dalam belajar. Motivasi internal efektif untuk menjaga diri kita untuk tetap disiplin, karena ….
A. Orang lain tidak bisa mengatur kita
B. Motivasi internal bersifat jangka panjang
C. Kita hanya bisa mengatur diri kita sendiri
D. Semua jawaban benar
Pembahasan :
Jawaban : D
6. Menurut Diane Gossen, ada tiga alasan manusia dalam berperilaku. Berikut ini, manakah yang bukan merupakan alasan manusia dalam berperilaku ?
A. Menghindari rasa sakit
B. Mendapatkan kebahagiaan
C. Mengharapkan penghargaan
D. Menjadi orang yang diinginkan
Pembahasan :
Jawaban : B
7. Pada suatu hari, laptop Bapak Ahmad rusak dan ia belum sempat memperbaikinya. Padahal, hari tersebut ia menjadi pembicara dalam sebuah webinar. Lalu, ia meminjam laptop ke Ibu Ani. Sebetulnya Ibu Ani memerlukan laptopnya untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan pada hari tersebut. Namun, karena ia merasa berhutang budi kepada Pak Ahmad, pada akhirnya ia tetap meminjamkan laptopnya ke Pak Ahmad.
Manakah yang merupakan alasan Ibu Ani dalam berperilaku?
A. Menghindari rasa sakit
B. Mendapatkan kebahagiaan
C. Mengharapkan penghargaan
D. Menjadi orang yang diinginkan
Pembahasan :
Jawaban : C
8. Simak percakapan berikut ini. "Kalau sudah besar kamu ingin menjadi apa, Nadia?" "Aku ingin menjadi dokter, karena aku ingin membahagiakan orang tuaku." Alasan Nadia untuk menjadi dokter merupakan contoh dari
A. Menghindari rasa sakit
B. Mendapatkan kebahagiaan
C. Mengharapkan penghargaan
D. Menjadi orang yang diinginkan
Pembahasan :
Jawaban :D
9. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru agar murid-muridnya memiliki disiplin diri adalah ...
A. Mengingatkan murid-murid secara rutin dan terus-menerus akan peraturan sekolah
B. Menegakkan peraturan dengan cara memberikan hadiah bagi murid yang paling disiplin
C. Berdiskusi secara terbuka dengan murid bagaimana mereka bisa memperbaiki kesalahan yang mereka buat
D. Senantiasa memantau muridnya dan mengingatkan pada saat ada perilaku yang tidak sesuai dengan peraturan
Pembahasan :
Jawaban : C
10. Andi selalu menjadi wakil sekolah dalam kegiatan olimpiade sains. Dia memang sangat menyukai pelajaran IPA dan selalu mendapatkan nilai hampir sempurna di rapor.
Manakah alasan berikut ini yang bisa membuat Andi senantiasa bersemangat secara internal dalam belajar dan mengikuti olimpiade sains
A. Membanggakan orang tua
B. Membawa nama harum sekolah
C. Menjadi dikenal oleh guru-guru dan teman-teman di sekolah
D. Mewujudkan cita-citanya menjadi seorang ilmuwan yang berguna bagi masyarakat
Pembahasan :
Jawaban : D
0 Comments