Soal Post Test Modul 2 Perkembangan Diri Peserta Didik Fase Fondasi


Post Test

1.Berikut ini adalah ciri perkembangan fisik motorik halus usia 4-6 tahun…
A.Jalan mundur dengan berjinjit.
B.Menangkap bola dari jarak 1 meter.
C.Memegang krayon/alat tulis dengan 3 jari.
D.Menuruni tangga tanpa berpegangan.
Pembahasan :
Jawaban : C
2.Pernyataan berikut di bawah ini tidak sesuai dengan prinsip asesmen sumatif yakni...
A.Penilaian yang dipakai buat menyediakan informasi terkait pada ketercapaian kurikulum murid
B.Dengan menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan atau CP murid untuk dasar kenaikan kelas
C.Dengan menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan atau CP murid untuk dasar kelulusan
D.Menilai proses belajar buat memetakan kemampuan anak didik di awal
Pembahasan :
Jawaban : B
3.Aspek perkembangan fisik mencakup…
A.Motorik halus dan motorik kasar
B.Kekuatan tangan dan jari
C.Anak mampu berolah raga dengan baik
D.Anak siap beraktivitas fisik di dalam dan luar ruangan
Pembahasan :
Jawaban : A
4.Melibatkan peserta didik dalam tugas domestik yang sederhana di kelas merupakan bentuk stimulasi kognitif usia 4-6 tahun.

Pernyataan di atas adalah…
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban : A
5.Cakupan perkembangan bahasa adalah…
A.Kemampuan menulis kalimat dengan huruf yang tepat
B.Kemampuan membaca nyaring
C.Kemampuan menggunakan bahasa asing
D.Kemampuan komunikasi lisan dalam mendengar dan berbicara
Pembahasan :
Jawaban : D
6.Di bawah ini cara menstimulasi aspek perkembangan bahasa untuk usia 4-6 tahun, kecuali…
A.Bermain peran
B.Melakukan rutinitas harian
C.Mendengarkan peserta didik bercerita
D.Bernyanyi bersama
Pembahasan :
Jawaban : B
7.Cemas saat berpisah dari orangtua atau pengasuh di pintu sekolah/kelas adalah hal tidak wajar.

Pernyataan di atas
A.Benar
B.Salah
Pembahasan :
Jawaban : B
8.Berikut cara menstimulasi perkembangan sosial-emosi untuk anak berusia 5-6 tahun, kecuali…
A.Mencoba beragam olah raga dan aktivitas fisik untuk melatih kerja sama, negosiasi, dan taat denga  aturan
B.Membaca nyaring
C.Bermain bersama teman
D.Rutin bermain peran dengan orang dewasa agar kebutuhan emosi terpenuhi
Pembahasan :
Jawaban : B
9.Ciri perkembangan kognitif peserta didik di PAUD usia 4-6 tahun adalah: ...
A.Memahami konsep waktu dengan sederhana
B.Mengenali jam dan menghubungkan waktu dengan rutinitas
C.Memilih, mengklasifikasi, serta membuat pola berurutan
D.Semua benar
Pembahasan :
Jawaban : D
10.Salah satu ciri perkembangan bahasa usia 4-6 tahun, yaitu…
A.Mampu menyebutkan nama lengkap, alamat, dan ulang tahunnya.
B.Banyak mengulang-ulang kata yang disebutkan orang lain
C.Tidak dapat menjawab pertanyaan Siapa?, Mengapa?
D.Sulit menggunkan kalimat lebih terstruktur
Pembahasan :
Jawaban : A
11.Di bawah ini yang bukan khas dari aspek perkembangan sosial-emosi usia 4-6 tahun adalah…
A.Memiliki minat membaca menulis, dan berhitung
B.Suka mengekspresikan perasaannya
C.Mulai bisa mengontrol perilakunya
D.Meniru temannya
Pembahasan :
Jawaban : A
12.Di bawah ini merupakan ciri aspek perkembangan kognitif usia 4-6 tahun, kecuali…
A.Lancar menyebut angka 1 - 20
B.Mengidentifikasi benda berdasarkan urutan
C.Membaca buku dengan lancar dan cepat bersama pendidik dan orang tua
D.Memahami konsep waktu dengan sederhana
Pembahasan :
Jawaban : C

 



ARTIKEL TERBARU

Comfortable sound for live
Comfortable sound for live

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment