Soal Post Test Modul 1 Mengenal Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan


 

1. Latihan Pemahaman

A. Definisi dan Esensi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Berikut yang bukan diatur oleh pemerintah pusat dalam kerangka dasar kurikulum nasional adalah …

Jawaban : Kurikulum Operasional Satuan pendidikan

Pemerintah pusat menentukan format dan sistematika kurikulum operasional yang harus digunakan oleh satuan pendidikan.

Jawaban : Salah

B. Acuan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Dua sifat dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah fleksibel dan dinamis. 

Jawaban : Salah


2. Cerita Reflektif

A. Definisi dan Esensi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Apakah Anda sudah terbiasa melakukan adaptasi dari Kurikulum Nasional?

Melakukan adaptasi dari Kurikulum Nasional menjadi salah satu tugas guru

B. Acuan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Bagaimana Anda selama ini memandang kurikulum nasional? Apakah sebagai suatu hal yang tetap atau dinamis?

Menurut saya, Kurikulum Nasional menjadi suatu kurikulum yang diberlakukan secara nasional yakni merata ke setiap lembaga pendidikan, yakni di sekolah negeri maupun sekolah swasta.

3. Post test


1.

Dengan mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan, kita mengadaptasi kurikulum nasional menjadi lebih kontekstual dan relevan.

A. Benas

B. Salah

Pembahasan :

Jawaban : A

2. Berikut alasan yang tepat mengenai pentingnya menganalisis karakteristik satuan pendidikan dalam penyusunan KOSP adalah…

A. Hasil analisis karakteristik merupakan dokumen yang harus diserahkan kepada dinas pendidikan

B. Hasil analisis karakteristik merupakan dasar penyusunan kurikulum operasional agar relevan dengan kondisi satuan pendidikan

C. Analisis karakteristik merupakan langkah akhir yang menentukan kualitas sebuah kurikulum operasional di satuan pendidikan

D. Hasil analisis karakteristik satuan pendidikan akan digunakan pemerintah pusat sebagai bahan pertimbanhan dalam menentukan tujuan pendidikan nasional

Pembahasan :

Jawaban : B

3. Yang dimaksud dengan ‘dinamis’ pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah….

A. Dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan

B. Disusun oleh dinas pendidikan setempat

C. Ditetapkan oleh pemerintah pusat

D. Bersumber pada Pancasila

Pembahasan :

Jawaban : A

4. Yang dimaksud dengan sifat ‘tetap’ pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah.…

A. Dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan

B. Disusun oleh guru dan kepala sekolah

C. Ditetapkan oleh pemerintah pusat

D. Bersumber pada Pancasila

Pembahasan :

Jawaban : A

5. Satuan pendidikan fleksibel dan dinamis dalam menyusun halhal berikut dalam kurikulum operasional, kecuali…

A. Menganalisis konteks karakteristik

B. Merumuskan visi, misi dan tujuan

C. Merumuskan profil pelajar Pancasila

D. Menyusun rencana pembelajaran

Pembahasan :

Jawaban : C

6.

Kerangka Kurikulum Merdeka memberikan ruang inovasi dan kemerdekaan, sehingga “dapat dan harus” dikembangkan lebih lanjut oleh setiap satuan pendidikan.

A. Benar

B. Salah

Pembahasan :

Jawaban : A

7. Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah…

A. Perangkat ajar

B. Capaian Pembelajaran

C. Konteks dan kebijakan lokal

D. Buku teks yang digunakan satuan pendidikan

Pembahasan :

Jawaban : B

8.

Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …

A. Tujuan pendidikan nasional

B. Visi dan misi satuan pendidikan

C. Capaian Pembelajaran

D. Standar nasional pendidikan

Pembahasan :

Jawaban : C

9.

Pemerintah pusat tidak mewajibkan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum operasional di masing-masing satuan pendidikan. 

A. Benas

B. Salah

Pembahasan :

Jawaban : B

10.

Ada dua sifat dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, yaitu:

A. Tetap dan fleksibel

B. Permanen dan temporer

C. Tetap dan temporer

D. Langsung dan tidak langsung

Pembahasan :

Jawaban : A


ARTIKEL TERBARU

Post a Comment

0 Comments