- Pemerintah pusat tidak mewajibkan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum operasional di masing-masing satuan pendidikan.
- Benar
- Salah
- Berikut alasan yang tepat mengenai pentingnya menganalisis karateristik satuan pendidikan dalam penyusunan KOSP adalah…
- Hasil analisis karakteristik merupakan dokumen yang harus diserahkan kepada pihak dinas pendidikan.
- Hasil analisis karakteristik merupakan dasar penyusunan kurikulum operasional agar relevan dengan kondisi satuan pendidikan.
- Analisis karakteristik merupakan langkah akhir yang menentukan kualitas sebuah kurikulum operasional di satuan pendidikan.
- Hasil analisis karakteristik satuan pendidikan akan digunakan pemerintah pusat sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan tujuan pendidikan nasional.
- Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …
- Tujuan pendidikan nasional
- Visi dan misi satuan pendidikan
- Capaian Pembelajaran
- Standar nasional pendidikan
- Ada dua sifat dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, yaitu:
- Tetap dan fleksibel
- Permanen dan temporer
- Tetap dan temporer
- Langsung dan tidak langsung
- Berikut yang termasuk dalam ranah fleksibel atau dinamis pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
- Capaian Pembelajaran
- Standar nasional pendidikan
- Konteks dan kebijakan lokal
- Prinsip pembelajaran dan asesmen
- Dengan mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan, kita mengadaptasi kurikulum nasional menjadi lebih kontekstual dan relevan.
- Benar
- Salah
- Hal yang tidak tepat mengenai kurikulum operasional adalah…
- Kurikulum operasional memungkinkan sekolah mengembangkan kekhasannya masing-masing.
- Kurikulum operasional disusun dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat.
- Kurikulum operasional menghilangkan standar dalam dunia pendidikan.
- Kurikulum operasional harus tetap merujuk kepada panduan pemerintah pusat.
- Berikut yang termasuk dalam ranah fleksibel atau dinamis pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …
- Visi dan misi satuan pendidikan
- Konteks dan kebijakan lokal
- Perangkat ajar
- Prinsip pembelajaran dan asesmen
- Satuan pendidikan fleksibel dan dinamis dalam menyusun hal-hal berikut dalam kurikulum operasional, kecuali…
- Menganalisis konteks karakteristik
- Merumuskan visi, misi dan tujuan
- Merumuskan profil pelajar Pancasila
- Menyusun rencana pembelajaran
- Yang dimaksud dengan ‘dinamis’ pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah....
- dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan
- disusun oleh dinas pendidikan setempat
- ditetapkan oleh pemerintah pusat
- bersumber pada Pancasila
- Yang dimaksud dengan sifat ‘tetap’ pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah.…
- dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan
- disusun oleh guru dan kepala sekolah
- ditetapkan oleh pemerintah pusat
- bersumber pada Pancasila
- Kerangka Kurikulum Merdeka memberikan ruang inovasi dan kemerdekaan, sehingga “dapat dan harus” dikembangkan lebih lanjut oleh setiap satuan pendidikan.
- Benar
- Salah
- Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
- Perangkat ajar
- Capaian Pembelajaran
- Konteks dan kebijakan lokal
- Buku teks yang digunakan satuan pendidikan
- Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap 4-5 tahun yaitu...
- Perencanaan pembelajaran
- Pengorganisasian pembelajaran
- Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
- Pengembangan dan pendampingan profesional guru
- Profil pelajar Pancasila dapat terbangun/tercapai pada diri peserta didik apabila pengorganisasian pembelajaran dapat mengoptimalkan:
- Projek penguatan profil pelajar Pancasila
- Kegiatan intrakurikuler
- Kegiatan ekstrakurikuler
- Jawaban a, b dan c benar
- Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...
- Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat
- Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah
- Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik
- Semua benar
- Perhatikan cara penerapan kurikulum operasional pada 2 sekolah berikut:
- Sekolah A
- - Mengikuti contoh kurikulum operasional yang diberikan oleh Kemdikbudristek.
- - Mengambil modul ajar yang diberikan kemdikbudristek untuk perencanaan pembelajaran
- Sekolah B
- - Mengembangkan kurikulum operasional sendiri
- - Mengembangakan perencanaan pembelajaran sendiri
- Di antara kedua sekolah tersebut, manakah sekolah yang sudah tepat dalam mengimplementasi kurikulum operasional satuan pedidikan?
- Sekolah A
- Sekolah B
- Keduanya Benar
- Tidak ada yang benar
- Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan prinsip 'Esensial' dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
- Memasukkan semua data agar KOSP terlihat tebal.
- Melakukan pemetaan minat dan bakat peserta didik dalam merancang program ekstrakurikuler.
- Mengadopsi KOSP satuan pendidikan lain tanpa menyesuaikan dengan kondisi riil satuan pendidikan.
- Melibatkan kepala sekolah, pendidik, komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan.
- Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap tahun yaitu...
- Perencanaan pembelajaran
- Karakteristik satuan pendidikan
- Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
- Semua salah
- Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan peran pendidik dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
- Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.
- Memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum operasional yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.
- Mendampingi, membimbing, dan mendorong satuan pendidikan di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum operasional sesuai prinsip penyusunan.
- Mengarahkan satuan pendidikan dalam proses pengembangan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.
- Berikut ini yang tidak perlu dilakukan oleh pendidik dalam perencanaan pembelajaran adalah …
- Merumuskan Capaian Pembelajaran
- Membuat tujuan pembelajaran
- Menentukan metode pembelajaran
- Menentukan sumber-sumber pembelajaran
- Tujuan dari implementasi kurikulum operasional yang disesuaikan dengan kesiapan setiap satuan pendidikan adalah sebagai berikut, kecuali….
- agar pendidik dan satuan pendidikan bisa lebih leluasa dalam mengimplementasi kurikulum operasional
- agar mengikuti keinginan pemerintah
- agar disesuaikan dengan kesiapan masing-masing
- agar satuan pendidikan lebih percaya diri dalam mengimplementasi kurikulum operasional
- Pembelajaran yang dilaksanakan pada satuan pendidikan harus mampu memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Pernyataan diatas sesuai dengan prinsip....
- esensial
- akuntabel
- berpusat pada murid
- melibatkan berbagai pemangku kepentingan
- Berikut yang bukan merupakan komponen penyusun kurikulum operasional satuan pendidikan adalah ...
- Capaian Pembelajaran
- Karakteristik satuan pendidikan
- Pengorganisasian pembelajaran
- Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
- Untuk mengetahui karakteristik satuan pendidikan, faktor eksternal yang dapat dianalisis adalah sebagai berikut, kecuali …
- Potensi daerah
- Sosial ekonomi
- Budaya
- Keunggulan sekolah
0 Comments