Post Test PMM Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan: Kenali

 


  1. Pemerintah pusat tidak mewajibkan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum operasional di masing-masing satuan pendidikan.
    • Benar
    • Salah
  2. Berikut alasan yang tepat mengenai pentingnya menganalisis karateristik satuan pendidikan dalam penyusunan KOSP adalah…
    • Hasil analisis karakteristik merupakan dokumen yang harus diserahkan kepada pihak dinas pendidikan.
    • Hasil analisis karakteristik merupakan dasar penyusunan kurikulum operasional agar relevan dengan kondisi satuan pendidikan.
    • Analisis karakteristik merupakan langkah akhir yang menentukan kualitas sebuah kurikulum operasional di satuan pendidikan.
    • Hasil analisis karakteristik satuan pendidikan akan digunakan pemerintah pusat sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan tujuan pendidikan nasional.
  3. Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …
    • Tujuan pendidikan nasional
    • Visi dan misi satuan pendidikan
    • Capaian Pembelajaran
    • Standar nasional pendidikan
  4. Ada dua sifat dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, yaitu:
    • Tetap dan fleksibel
    • Permanen dan temporer
    • Tetap dan temporer
    • Langsung dan tidak langsung
  5. Berikut yang termasuk dalam ranah fleksibel atau dinamis pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
    • Capaian Pembelajaran
    • Standar nasional pendidikan
    • Konteks dan kebijakan lokal
    • Prinsip pembelajaran dan asesmen
  6. Dengan mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan, kita mengadaptasi kurikulum nasional menjadi lebih kontekstual dan relevan.
    • Benar
    • Salah
  7. Hal yang tidak tepat mengenai kurikulum operasional adalah…
    • Kurikulum operasional memungkinkan sekolah mengembangkan kekhasannya masing-masing.
    • Kurikulum operasional disusun dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat.
    • Kurikulum operasional menghilangkan standar dalam dunia pendidikan.
    • Kurikulum operasional harus tetap merujuk kepada panduan pemerintah pusat.
  8. Berikut yang termasuk dalam ranah fleksibel atau dinamis pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan, kecuali …
    • Visi dan misi satuan pendidikan
    • Konteks dan kebijakan lokal
    • Perangkat ajar
    • Prinsip pembelajaran dan asesmen
  9. Satuan pendidikan fleksibel dan dinamis dalam menyusun hal-hal berikut dalam kurikulum operasional, kecuali…
    • Menganalisis konteks karakteristik
    • Merumuskan visi, misi dan tujuan
    • Merumuskan profil pelajar Pancasila
    • Menyusun rencana pembelajaran
  10. Yang dimaksud dengan ‘dinamis’ pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah....
    • dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan
    • disusun oleh dinas pendidikan setempat
    • ditetapkan oleh pemerintah pusat
    • bersumber pada Pancasila
  11. Yang dimaksud dengan sifat ‘tetap’ pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah.…
    • dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan
    • disusun oleh guru dan kepala sekolah
    • ditetapkan oleh pemerintah pusat
    • bersumber pada Pancasila
  12. Kerangka Kurikulum Merdeka memberikan ruang inovasi dan kemerdekaan, sehingga “dapat dan harus” dikembangkan lebih lanjut oleh setiap satuan pendidikan.
    • Benar
    • Salah
  13. Berikut yang termasuk dalam ranah tetap pada penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
    • Perangkat ajar
    • Capaian Pembelajaran
    • Konteks dan kebijakan lokal
    • Buku teks yang digunakan satuan pendidikan
  14. Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap 4-5 tahun yaitu...
    • Perencanaan pembelajaran
    • Pengorganisasian pembelajaran
    • Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
    • Pengembangan dan pendampingan profesional guru
  15. Profil pelajar Pancasila dapat terbangun/tercapai pada diri peserta didik apabila pengorganisasian pembelajaran dapat mengoptimalkan:
    • Projek penguatan profil pelajar Pancasila
    • Kegiatan intrakurikuler
    • Kegiatan ekstrakurikuler
    • Jawaban a, b dan c benar
  16. Cara untuk menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan dalam implementasi kurikulum operasional yaitu...
    • Mengikuti tingkat kesiapan sekolah terdekat
    • Menunggu arahan dari pengawas/dinas daerah
    • Melakukan refleksi mandiri dengan melibatkan para pendidik
    • Semua benar
  17. Perhatikan cara penerapan kurikulum operasional pada 2 sekolah berikut:
    • Sekolah A
    • - Mengikuti contoh kurikulum operasional yang diberikan oleh Kemdikbudristek.
    • - Mengambil modul ajar yang diberikan kemdikbudristek untuk perencanaan pembelajaran
    • Sekolah B
    • - Mengembangkan kurikulum operasional sendiri
    • - Mengembangakan perencanaan pembelajaran sendiri

    • Di antara kedua sekolah tersebut, manakah sekolah yang sudah tepat dalam mengimplementasi kurikulum operasional satuan pedidikan?
      • Sekolah A
      • Sekolah B
      • Keduanya Benar
      • Tidak ada yang benar
  18. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan prinsip 'Esensial' dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
    • Memasukkan semua data agar KOSP terlihat tebal.
    • Melakukan pemetaan minat dan bakat peserta didik dalam merancang program ekstrakurikuler.
    • Mengadopsi KOSP satuan pendidikan lain tanpa menyesuaikan dengan kondisi riil satuan pendidikan.
    • Melibatkan kepala sekolah, pendidik, komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan.
  19. Komponen kurikulum operasional satuan pendidikan yang perlu ditinjau setiap tahun yaitu...
    • Perencanaan pembelajaran
    • Karakteristik satuan pendidikan
    • Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
    • Semua salah
  20. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan peran pendidik dalam penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
    • Mengembangkan rencana pembelajaran, meningkatkan kemajuan belajar, dan menyusun asesmen otentik yang memberikan umpan balik efektif serta melibatkan peserta didik secara aktif.
    • Memimpin dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam pengembangan kurikulum operasional yang kontekstual dan memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.
    • Mendampingi, membimbing, dan mendorong satuan pendidikan di bawah binaannya untuk mengembangkan kurikulum operasional sesuai prinsip penyusunan.
    • Mengarahkan satuan pendidikan dalam proses pengembangan kurikulum operasional yang sesuai dengan kondisi riil satuan pendidikan.
  21. Berikut ini yang tidak perlu dilakukan oleh pendidik dalam perencanaan pembelajaran adalah …
    • Merumuskan Capaian Pembelajaran
    • Membuat tujuan pembelajaran
    • Menentukan metode pembelajaran
    • Menentukan sumber-sumber pembelajaran
  22. Tujuan dari implementasi kurikulum operasional yang disesuaikan dengan kesiapan setiap satuan pendidikan adalah sebagai berikut, kecuali….
    • agar pendidik dan satuan pendidikan bisa lebih leluasa dalam mengimplementasi kurikulum operasional
    • agar mengikuti keinginan pemerintah
    • agar disesuaikan dengan kesiapan masing-masing
    • agar satuan pendidikan lebih percaya diri dalam mengimplementasi kurikulum operasional
  23. Pembelajaran yang dilaksanakan pada satuan pendidikan harus mampu memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Pernyataan diatas sesuai dengan prinsip....
    • esensial
    • akuntabel
    • berpusat pada murid
    • melibatkan berbagai pemangku kepentingan
  24. Berikut yang bukan merupakan komponen penyusun kurikulum operasional satuan pendidikan adalah ...
    • Capaian Pembelajaran
    • Karakteristik satuan pendidikan
    • Pengorganisasian pembelajaran
    • Visi, misi dan tujuan satuan pendidikan
  25. Untuk mengetahui karakteristik satuan pendidikan, faktor eksternal yang dapat dianalisis adalah sebagai berikut, kecuali …
    • Potensi daerah
    • Sosial ekonomi
    • Budaya
    • Keunggulan sekolah

ARTIKEL TERBARU

Post a Comment

0 Comments