1. Latihan Pemahaman
A. Pemberian Hadiah dalam Praktik Pembelajaran di Kelas
berikut ini yang merupakan alasan untuk tidak memberikan hadiah dalam pendisiplinan adalah?
Jawaban : Menghambat kinerja dan motivasi murid
B. Hukuman
Manakah diantara komponen berikut yang berdampak besar ketika berkomunikasi pada murid yang melakukan kesalahan?
Jawaban : Bahasa Tubuh
C. Konsekuensi
Perbedaan yang tepat antara hukuman dan konsekuensi dibwah ini yang tepat adalah ....
Jawaban : Konsekuensi logi, hukuman tidak logis
D. Restitusi
Respon yang tepat ketika murid tidak menjawab pertanyaan atau diam yaitu?
Jawaban : Tenang dan memberikan waktu kepada murid
E. Keyakinan Kelas
Berikut ini mana yang merupakan contoh dari keyakinan kelas?
Jawaban : Setiap anggota kelas TK B merasa nyaman saat belajar
F. Restitusi di Kelas
Respon yang tepat ketika murid tidak menjawab pertanyaan atau diam yaitu?
Jawaban : Tenang dan memberikan waktu kepada murid
2. Post test
1. Ani sudah terlambat 3 kali mengembalikan buku yang dipinjam ke perpustakaan. Ibu Eni memanggil Ani dan mengadakan restitusi. Dialog di bawah ini menggambarkan dialog restitusi, KECUALI
A. Setiap orang bisa berbuat kesalahan Ani. Jadi bagaimana kamu akan menyelesaikan masalah ini?”
B. “Ani kamu kenapa terlambat lagi mengembalikan buku, kamu tidak kasihan sama Ibu? Nanti Ibu disalahkan atasan Ibu kalau begini terus.”
C. “Ani apakah kamu bersedia memperbaiki masalah ini? Coba kamu pikirkan cara menyelesaikan masalah ini”
D. “Ani, jadi saat ini ada beberapa alternatif yang kamu kemukakan untuk menyelesaikan masalah ini. Jadi kamu akan fokus yang mana, dan mulai kapan?
Pembahasan :
Jawaban : B
2. Dua pernyataan di bawah ini yang menyatakan perbedaanperbedaan utama antara Konsekuensi dan Restitusi:
Konsekuensi memberikan pilihan-pilihan jalan keluar kepada pelanggar
Pemberian konsekuensi hendaknya relevan dengan Tindakan pelanggaran yang dibuat
Restitusi memberikan pilihan-pilihan alternatif yang bisa dipilih pelanggar, agar dapat menyelesaikan masalah
Restitusi memberikan suatu kesempatan bagi pelanggar untuk menghindari suatu hukuman karena guru perlu berbaik hati kepada pelanggar
Konsekuensi senantiasa memberikan pelajaran kepada para pelanggar dengan membujuknya agar mengikuti perintah kita.
A. 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 4 dan 5
D. 2 dan 4
Pembahasan :
Jawaban : A
3. Perbedaan utama dari hukuman dan konsekuensi adalah:...
A. Hukuman adalah sesuatu yang telah direncanakan dan menyakitkan, sementara konsekuensi telah disepakati, namun pelanggar perlu diberikan sesuatu yang menyakitkan
B. Hukuman adalah sesuatu yang menyakitkan perlu terjadi, dan sifatnya mendadak, sementara konsekuensi telah disepakati bersama, dan pelanggar dibuat tidak nyaman untuk sementara
C. Hukuman adalah sesuatu yang menyakitkan perlu terjadi namun hanya secara fisik, sedangkan konsekuensi dampaknya lebih ke psikis
D. Hukuman tidak perlu menyakitkan, namun sesuatu perlu terjadi sementara kalau konsekuensi telah disepakati bersama namun sesuatu menyakitkan perlu terjadi
Pembahasan :
Jawaban : B
4. Menggantikan suatu barang kepada orang lain karena kita menghilangkan barang tersebut adalah sebuah bentuk tindakan:
A. Hukuman
B. Pembuat Merasa Bersalah
C. Restitusi
D. Konsekuensi
Pembahasan :
Jawaban : D
5. Eno datang terlambat ke sekolah sekitar 20 menit, Pak Hasan marah sekali karena Eno sudah seringkali terlambat. Tanpa berpikir panjang, Pak Hasan langsung memarahi Eno dan menyuruh berlari keliling lapangan basket sebanyak 10 kali. Tindakan Pak Hasan di sini adalah sebuah penerapan:
A. Konsekuensi
B. Hukuman
C. Manajer
D. Restitusi
Pembahasan :
Jawaban : B
6. Manakah pilihan di bawah ini yang merupakan Tindakan restitusi yang tepat.
A. Menanyakan pelanggar tentang peraturan yang berlaku serta konsekuensinya
B. Menanyakan mengapa pelanggar melakukan kesalahan yang telah dibuat
C. Menanyakan kesediaan pelanggar untuk memperbaiki masalah yang ada
D. Memberikan jalan keluar kepada pelanggar untuk menyelesaikan masalahnya
Pembahasan :
Jawaban : D
7. Perbedaan utama dari Konsekuensi dan Restitusi adalah:
A. Bentuk konsekuensi mendadak, bentuk restitusi sudah ada dalam buku peraturan
B. Bentuk konsekuensi menyakitkan, bentuk restitusi menyenangkan
C. Bentuk konsekuensi berlaku untuk selamanya, bentuk restitusi berlaku sementara
D. Bentuk konsekuensi yang diberikan bukan gagasan pelanggar, bentuk restitusi adalah gagasan dari pelanggar
Pembahasan :
Jawaban : D
8. Pernyataan di bawah ini benar tentang Restitusi, KECUALI…
A. Restitusi menguatkan para pelanggar agar memiliki identitas yang berhasil
B. Restitusi menggembalikan pelanggar agar dapat kembali ke kelompoknya
C. Restitusi membuat pelanggar menyesali perbuatannya dan menjadi rendah diri
D. Restitusi meberikan alternatif-alternatif untuk menyelesaikan masalahnya
Pembahasan :
Jawaban : D
9. Budi terlambat 10 menit mengikuti pelajaran olahraga. Murid-murid yang lain telah melakukan pemanasan dan sedang bermain bola basket. Pak Sidik melihat Budi terlambat hadir, dan mengatakan bahwa Budi harus keliling lapangan sebanyak 2 kali. Pilih 2 pernyataan dan tindakan Pak Sidik sebagai seorang Pemantau:
Benar karena bentuk konsekuensi relevan dengan kesalahan Budi untuk pelajaran olahraga, di mana harus melakukan pemanasan
Benar karena ini adalah tindakan hukuman yang tepat atas keterlambatan murid
Salah karena seharusnya Pak Sidik langsung mengijinkan Budi untuk ikut permainan bola basket
Salah karena seharusnya Pak Sidik mengadukan keterlambatan Budi pada wali kelasnya dan wali kelasnya yang seharusnya memberikan hukuman
Benar karena lari keliling lapangan relevan dengan Budi telah terlambat 10 menit dan belum melakukan pemanasan sebelum pelajaran olahraga.
A. 2 dan 4
B. 1 dan 3
C. 3 dan 5
D. 1 dan 5
Pembahasan :
Jawaban : D
10. Siti mencoret-coret di buku Tini. Ibu Guru meminta Siti segera membersihkan coretan di buku Tini. Tindakan Ibu Guru tersebut adalah penerapan ...
A. Hukuman
B. Restitusi
C. Konsekuensi
D. Manajer
Pembahasan :
Jawaban : C
0 Comments