3. Dimensi Bergotong Royong
Pelajar
Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan
secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat
berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong
royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi
a. Kolaborasi
Pelajar
Pancasila memiliki kemampuan kolaborasi, yaitu
kemampuan untuk bekerja
bersama dengan orang lain disertai perasaan senang
ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif
terhadap orang lain. Ia terampil untuk bekerja sama dan melakukan
koordinasi demi mencapai tujuan bersama
dengan mempertimbangkan keragaman latar belakang setiap anggota kelompok. Ia mampu merumuskan tujuan
bersama, menelaah kembali tujuan
yang telah
dirumuskan, dan mengevaluasi tujuan
selama proses bekerja sama. Ia juga
memiliki kemampuan komunikasi, yaitu
kemampuan mendengar dan menyimak
pesan dan gagasan orang lain, menyampaikan pesan dan gagasan
secara efektif, mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi, dan memberikan umpan-balik secara kritis
dan positif. Pelajar
Pancasila juga menyadari bahwa
ada saling-ketergantungan yang positif
antar- orang. Melalui kesadaran ini, ia memberikan kontribusi
optimal untuk meraih
tujuan bersama. Ia menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya semaksimal mungkin
dan mengapresiasi
upaya yang telah dilakukan anggota
lain dalam kelompoknya.
b. Kepedulian
Pelajar
Pancasila memperhatikan dan bertindak proaktif
terhadap kondisi di lingkungan fisik dan sosial. Ia
tanggap terhadap kondisi yang ada di lingkungan
dan masyarakat
untuk menghasilkan kondisi yang lebih baik. Ia merasakan dan memahami apa yang dirasakan
orang lain, memahami perspektif mereka, dan
menumbuhkan hubungan dengan orang dari beragam budaya yang menjadi
bagian penting dari kebinekaan global.
Ia memiliki persepsi sosial
yang baik sehingga ia memahami mengapa orang lain bereaksi tertentu dan melakukan
tindakan tertentu. Ia memahami dan menghargai lingkungan sosialnya, serta menghasilkan situasi sosial yang sejalan
dengan pemenuhan kebutuhan berbagai
pihak dan pencapaian
tujuan.
c. Berbagi
Pelajar
Pancasila memiliki kemampuan berbagi,
yaitu memberi dan menerima
segala hal yang penting bagi kehidupan
pribadi dan bersama,
serta mau dan mampu menjalani kehidupan bersama yang mengedepankan penggunaan bersama sumber daya dan ruang yang ada di masyarakat
secara sehat. Melalui kemampuan berbagi,
ia mampu dan mau memberi serta menerima hal yang dianggap berharga
kepada/dari teman sebaya, orang-orang di lingkungan sekitarnya, dan lingkungan yang lebih luas. Ia mengupayakan diri dan kelompoknya untuk
memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan baik di lingkungannya maupun di
masyarakat yang lebih luas (negara dan dunia).
No comments:
Post a Comment