Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong

 


3.  Dimensi Bergotong Royong

 

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong,  yaitu  kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela  agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari  bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi

 

a.    Kolaborasi

Pelajar Pancasila memiliki kemampuan kolaborasi, yaitu  kemampuan untuk bekerja bersama dengan orang lain disertai perasaan senang ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain. Ia terampil untuk bekerja sama dan melakukan koordinasi demi  mencapai tujuan bersama dengan mempertimbangkan keragaman latar belakang setiap anggota kelompok. Ia mampu merumuskan tujuan bersama, menelaah kembali tujuan yang telah

dirumuskan, dan mengevaluasi tujuan selama proses bekerja sama. Ia juga  memiliki kemampuan komunikasi, yaitu  kemampuan mendengar dan menyimak pesan dan gagasan orang lain, menyampaikan pesan dan gagasan secara efektif, mengajukan pertanyaan untuk mengklarifikasi, dan memberikan umpan-balik secara kritis

dan positif. Pelajar Pancasila juga  menyadari bahwa ada saling-ketergantungan yang positif antar- orang. Melalui kesadaran ini, ia memberikan kontribusi optimal untuk meraih tujuan bersama. Ia menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya semaksimal mungkin dan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan anggota lain dalam kelompoknya.

 

b.    Kepedulian

Pelajar Pancasila memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi di lingkungan fisik dan sosial. Ia tanggap terhadap kondisi yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi yang lebih  baik.  Ia merasakan dan memahami apa yang dirasakan orang lain, memahami perspektif mereka, dan

menumbuhkan hubungan dengan orang dari  beragam budaya yang menjadi bagian penting dari  kebinekaan global. Ia memiliki persepsi sosial yang baik  sehingga ia memahami mengapa orang lain bereaksi tertentu dan melakukan tindakan tertentu. Ia memahami dan menghargai lingkungan sosialnya, serta menghasilkan situasi sosial yang sejalan dengan pemenuhan kebutuhan berbagai pihak dan pencapaian tujuan.


c.   Berbagi

 

Pelajar Pancasila memiliki kemampuan berbagi, yaitu  memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama, serta mau  dan mampu menjalani kehidupan bersama yang mengedepankan penggunaan bersama sumber daya dan ruang yang ada di masyarakat secara sehat. Melalui kemampuan berbagi, ia mampu dan mau  memberi serta menerima hal yang dianggap berharga kepada/dari teman sebaya, orang-orang di lingkungan sekitarnya, dan lingkungan yang lebih  luas. Ia mengupayakan diri dan kelompoknya untuk memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada orang-orang yang membutuhkan baik  di lingkungannya maupun di masyarakat yang lebih  luas  (negara dan dunia).

ARTIKEL TERBARU

Comfortable sound for live
Comfortable sound for live

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment