4. Dimensi Mandiri
Pelajar Indonesia merupakan
pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung
jawab atas proses dan hasil
belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari
kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
a. Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Pelajar
Pancasila yang mandiri senantiasa melakukan
refleksi terhadap kondisi
dirinya dan situasi yang dihadapi mencakup
refleksi terhadap kondisi diri, baik kelebihan maupun
keterbatasan dirinya, serta situasi dan tuntutan perkembangan
yang dihadapi. Hal ini akan membuat ia
mengenali dan menyadari
kebutuhan pengembangan dirinya yang sesuai dengan
perubahan dan perkembangan yang terjadi. Kesadaran tersebut akan membantunya untuk dapat
menetapkan tujuan pengembangan diri yang sesuai dengan kondisi diri dan situasi yang dihadapi,
memilih strategi yang sesuai, serta mengantisipasi tantangan dan hambatan
yang mungkin
terjadi.
b. Regulasi diri
Pelajar Pancasila yang mandiri
mampu mengatur pikiran,
perasaan, dan perilaku
dirinya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan dirinya baik di bidang akademik maupun
non akademik. Ia mampu menetapkan tujuan pengembangan
dirinya serta merencanakan strategi untuk mencapainya dengan
didasari penilaian atas kemampuan dirinya dan tuntutan situasi
yang dihadapinya. Pelaksanaan aktivitas pengembangan diri dapat dikendalikan
olehnya sekaligus menjaga perilaku
dan semangat agar tetap optimal untuk
mencapai tujuan pembelajarannya. Ia senantiasa memantau dan mengevaluasi
upaya yang dilakukan dan hasil yang dicapainya. Ketika menemui permasalahan dalam belajar, ia tidak mudah menyerah dan akan berusaha mencari
strategi atau metode yang lebih
sesuai untuk menunjang keberhasilan pencapaian tujuannya.
No comments:
Post a Comment