Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri

 


4.  Dimensi Mandiri

 

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu  pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil  belajarnya. Elemen kunci  dari  mandiri terdiri dari  kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

 

 

 

a.    Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

 

Pelajar Pancasila yang mandiri senantiasa melakukan refleksi terhadap kondisi dirinya dan situasi yang dihadapi mencakup refleksi terhadap kondisi diri, baik kelebihan maupun keterbatasan dirinya, serta situasi dan tuntutan perkembangan yang dihadapi. Hal ini akan membuat ia mengenali dan menyadari kebutuhan pengembangan dirinya yang sesuai dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi. Kesadaran tersebut akan membantunya untuk dapat menetapkan tujuan pengembangan diri yang sesuai dengan kondisi diri dan situasi yang dihadapi, memilih  strategi yang sesuai, serta mengantisipasi tantangan dan hambatan yang mungkin terjadi.

 

 

 

b.    Regulasi diri

 

Pelajar Pancasila yang mandiri mampu mengatur pikiran, perasaan, dan perilaku dirinya untuk mencapai tujuan belajar dan pengembangan dirinya baik  di bidang akademik maupun non  akademik. Ia mampu menetapkan tujuan pengembangan dirinya serta merencanakan strategi untuk mencapainya dengan didasari penilaian atas kemampuan dirinya dan tuntutan situasi yang dihadapinya. Pelaksanaan aktivitas pengembangan diri dapat dikendalikan olehnya sekaligus menjaga perilaku dan semangat agar tetap optimal untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Ia senantiasa memantau dan mengevaluasi upaya yang dilakukan dan hasil  yang dicapainya. Ketika  menemui permasalahan dalam belajar, ia tidak mudah menyerah dan akan berusaha mencari strategi atau metode yang lebih  sesuai untuk menunjang keberhasilan pencapaian tujuannya.

ARTIKEL TERBARU

Comfortable sound for live
Comfortable sound for live

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment