Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/SMP/SMA memberikan 3 pengembangan alur projek yang bisa dilakukan oleh sekolah atau madrasah
1. PeKARTi
Pengembangan alur projek penguatan yang pertama terdiri dari 5 tahapan, yaitu:
- Pengenalan
- Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap tema yang sedang dipelajari
- Kontekstualisasi
- Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan
- Aksi
- Merumuskan peran yang dapat dilakukan melalui aksi nyata
- Refleksi
- Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi
- Tindak lanjut
- Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi
2. 5M
Contoh pengembangan alur yang kedua terbagi menjadi 2 target dengan 5 aktivitas. Adapun rinciannya sebagai berikut:
A. Merumuskan tujuan
- Mengamati
- Apa yang terjadi?
- Mempersiapkan observasi
- Mengenal dan mendekati persoalannya (mencerap)
- Mencari inspirasi
- Apa yang terjadi?
- Mendefinisikan
- Oh, ternyata itu yang hendak dicapai
- Mendefinisikan tujuan dari temuan
- Membuat kerangka konteks
- Oh, ternyata itu yang hendak dicapai
B. Tindak lanjut
- Menggagas
- Bagaimana aku bisa menjadi bagian dari solusi?
- Melontarkan dan mengembangkan gagasan
- Membuat alternatif solusi
- Bagaimana aku bisa menjadi bagian dari solusi?
- Memilih
- Bagaimana aku bisa mewujudkannya tujuan?
- Memilih solusi yang sesuai dengan tujuan
- Membuat purwarupa
- Bagaimana aku bisa mewujudkannya tujuan?
- Merefleksikan
- Bagaimana supaya ide ini menjadi lebih baik?
- Membagi pengetahuan
- Meminta masukan
- Mengembangkan ide lebih lanjut dari masukan
- Bagaimana supaya ide ini menjadi lebih baik?
3. FIDS
Contoh pengembangan alur yang ketiga adalah dengan singkatan FIDS yaitu Find-Image-Do-Share. Adapun penjelasannya sebagai berikut:
- Find (Temukan)
- Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu pengelolaan sampah dan implikasinya terhadap perubahan iklim
- Image (Bayangkan)
- Menggali permasalahan di lingkungan sekitar yang terkait dengan topik pembahasan
- Do (Lakukan)
- Mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata
- Share (Bagikan)
- Menggenapi proses dengan berbagi karya serta melakukan evaluasi dan refleksi
No comments:
Post a Comment