Contoh Pemetaan Alur Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 


Contoh Pemetaan Alur Asesmen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/SMP/SMA memberikan contoh Pemetaan alur asesmen projek sebagai berikut:

1. Menentukan tujuan pembelajaran

  • “Menjelaskan perubahan budaya seiring waktu dan sesuai konteks, regional, dan nasional. Menjelaskan identitas diri yang terbentuk dari budaya bangsa.” (Fase D)

2. Merancang indikator kemampuan

Contoh merancang indikator kemampuan adalah peserta didik mampu:

  1. Menjelaskan perkembangan budaya daerah sebagai bagian dari budaya nusantara
  1. Menunjukkan sikap toleran terhadap perbedaan budaya
  2. Merefleksikan identitas diri yang terbentuk dari keragaman budaya di nusantara

3. Menyusun strategi asesmen

  • Bentuk asesmen
    1. Menyajikan informasi
    2. Melakukan sesuatu (menunjukkan sikap dalam keseharian)
    3. Menyajikan informasi (membuat esai)
  • Instrumen asesmen
    1. Kuis
    2. Jurnal dan lembar ceklis
    3. Rubrik esai

4. Mengolah hasil asesmen

  1. Dari hasil rubrik yang dilakukan, kesimpulannya A sudah mampu menjelaskan perkembangan budaya daerah sebagai bagian dari budaya nusantara
  2. Hasil jurnal dan lembar ceklis, A sudah mampu menunjukkan sikap toleran terhadap perbedaan budaya dalam kehidupan sehari-hari
  3. Dari hasil esai yang dibuat, kesimpulannya A dapat merefleksikan identitas diri yang terbentuk dari keragaman budaya di nusantara

5. Menyusun laporan

  1. Setelah mengolah hasil asesmen dan bukti pencapaian, A berada pada fase “Berkembang Sesuai Harapan”.
  2. Hal tersebut teramati dari kemampuannya yang sudah optimal dalam
    • menjalankan perkembangan budaya daerah,
    • menunjukkan sikap toleran, dan
    • merefleksikan identitas diri yang terbentuk dari keragaman budaya di nusantara.

ARTIKEL TERBARU

Comfortable sound for live
Comfortable sound for live

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment