Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/SMP/SMA


 Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SD/SMP/SMA memberikan cara mengembangkan topik projek dengan contoh yang jelas. Ditambah dengan fokus projek dan sasaran yang dituju.

Tema 1. Gaya Hidup Berkelanjutan

  • SMP Fase D
    • Membuat purwarupa sistem pengelolaan sampah di satuan pendidikan
    • Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam
      • Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Tema 2. Kearifan lokal

  • SMP Fase D
    • Mural Akulturasi yang bercerita tentang proses akulturasi dan dampaknya di masyarakat saat ini
    • Fokus: Akhlak kepada manusia
      • Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan
      • Mengenal sejarah perkembangan budaya yang berdampak pada cara hidup dan sudut pandang masyarakat dan menyajikan interpretasinya melalui penggambaran visual

Tema 3. Bhinneka Tunggal Ika

  • SMP Fase D
    • Menciptakan lagu-lagu bertema keberagaman
    • Fokus: Akhlak kepada manusia
      • Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan

Tema 4. Bangunlah Jiwa dan Raganya

  • SMP Fase D
    • Membuat kegiatan-kegiatan dan menyusun kesepakatan antar peserta didik berbasis OSIS untuk kesejahteraan (wellbeing) jiwa raga (olahraga, seni, kemanusiaan, agama, dll.)
    • Fokus: Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan

Tema 5. Suara Demokrasi

  • SMP Fase D
    • Menyusun kependidikan kelas beserta lingkup tugas, jangka waktu bertugas, dan tata cara pemilihannya (ketua kelas, wakil, bendahara), kemudian menentukan aturan-aturan yang diberlakukan di kelas berkaitan dengan kepentingan bersama dalam kelancaran proses belajar mengajar dan relasi antar peserta didik
    • Fokus: Akhlak kepada manusia
      • Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan

Tema 6. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

  • SMP Fase D
    • Menciptakan sistem untuk pemanenan air hujan di lingkungan satuan pendidikan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari
    • Fokus: Akhlak kepada alam
      • Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan
      • Mengidentifikasi berbagai perbuatan yang mempunyai dampak langsung maupun tidak langsung terhadap alam semesta, baik positif maupun negatif

Tema 7. Kewirausahaan

  • SMP Fase D
    • Menciptakan produk yang menjawab kebutuhan tertentu dalam lingkup terdekat/produk yang berciri khas daerah
    • Fokus: Akhlak pribadi
      • Menginternalisasi norma-norma sosial dan agama yang ada sehingga menjadi nilai personal

ARTIKEL TERBARU

Comfortable sound for live
Comfortable sound for live

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

No comments:

Post a Comment