Soal Post Test Modul 2 Bagaimana Mengatasi Perundungan yang Sudah Terjadi?



1.

Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku harus mempertimbangkan…

A. Rangking kelas

B. Keseuaian tindakan dan proporsionalitas

C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah

D. Akreditasi sekolah

Pembahasan :

Jawaban : B

2. Di bawah ini yang bukan respons terhadap pengaduan korban adalah...

A. Membuat kronologi kasus

B. Melakukan klarifikasi dan verifikasi

C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan

D. Mengidentifikasi kebutuhan korban

Pembahasan :

Jawaban : C

3. Sekolah dapat menyediakan layanan/media pengaduan yang aman dan rahasia melalui…

A. Layanan telepon dan email sekolah

B. Layanan pengaduan via aplikasi pengiriman pesan

C. Layanan pengaduan pada kolom pengaduan di website sekolah

D. Semua benar

Pembahasan :

Jawaban : D

4. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?

A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman dekatnya.

B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan

C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi

D. Semua benar

Pembahasan :

Jawaban : D

5. Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab menjadi pelaku perundungan adalah…

A. Keluarga dan sekolah

B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya

C. Tayangan di media massa

D. Semua benar

Pembahasan :

Jawaban : D

6.

Manakah pihak yang tidak memiliki peran dalam terjadinya perundungan?

A. Guru

B. Teman sekelas korban

C. Perundung

D. Semua salah

Pembahasan :

Jawaban : D

7. Ketika memverifikasi masalah setelah menerima aduan perundungan, pendidik dan tenaga kependidikan perlu memperhatikan kesediaan korban/saksi untuk ditanyakan kronologi kejadian. Contoh perilaku yang menunjukkan hal tersebut adalah...

A. Pak Budi memaksa salah seorang murid yang menjadi saksi untuk diwawancara pada jam istirahat

B. Bu Nani secara diam-diam merekam pembicaraannya dengan saksi

C. Kepala Sekolah meminta Ketua OSIS untuk mewawancarai korban secara diam-diam

D. Bu Undung menjelaskan proses wawancara yang akan dilalui korban dan saksi. Bu Undung juga menjelaskan bahwa murid berhak untuk memutuskan tidak mau diwawancarai

Pembahasan :

Jawaban : D

8.

Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu….

A. Kemudahan dan Keamanan

B. Kemudahan dan Kerahasiaan

C. Kerahasiaan dan Keamanan

D. Kerahasiaan dan Pengertian

Pembahasan :

Jawaban : B

9.

Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi korban perundungan adalah…

A. Beasiswa pendidikan

B. Voucher membeli buku gratis

C. Bantuan alat belajar

D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis

Pembahasan :

Jawaban : D

10.

Untuk mengatasi perundungan dan mendukung korban, guru dapat melakukan aksi-aksi berikut, kecuali…

A. Memberikan hari libur untuk korban beristirahat

B. Mendiskusikan kebutuhan akademis korban

C. Mendorong interaksi sosial korban melalui kegiatan kelas

D. Berdiskusi dengan orang tua korban

Pembahasan :

Jawaban : B

11.

Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah…

A. Melaporkan ke kepolisian

B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban

C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak

D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan

Pembahasan :

Jawaban : B

12.

Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah…

A. Menyalahkannya karena bersikap pasif

B. Menanyakan kondisinya

C. Acuh atas keberadaannya

D. Ikut menghukum bystander

Pembahasan :

Jawaban : B

13.

Berikut ini yang buka kecenderungan yang sering ditemukan pada pelaku perundungan adalah…

A. Kurang berempati

B. Mengganggu teman-teman

C. Tidak peduli perasaan orang lain

D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah

Pembahasan :

Jawaban : D

14.

Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?

A. Melaporkan perundungan

B. Menghiraukan korban

C. Menghiraukan perundungan

D. Menghentikan tindakan perundungan

Pembahasan :

Jawaban : A

15.

Untuk menghadapi pelaku perundungan yang akar masalahnya dari tayangan dan informasi di media massa, respons guru yang lebih tepat adalah…

A. Memberi informasi tentang tayangan yang patut maupun tidak patut untuk ditonton

B. Mendiskusikan dengan orang tua pelaku terkait pendampingan dalam mengkonsumsi informasi dan tayangan di media

C. Meminta orang tua memutus akses ke gawai yang dimiliki pelaku

D. A dan B benar

Pembahasan :

Jawaban : D

ARTIKEL TERBARU

Post a Comment

0 Comments