1.
Agar lebih efektif, pemberian konsekuensi kepada pelaku harus mempertimbangkan…
A. Rangking kelas
B. Keseuaian tindakan dan proporsionalitas
C. Relasi orang tua pelaku dengan sekolah
D. Akreditasi sekolah
Pembahasan :
Jawaban : B
2. Di bawah ini yang bukan respons terhadap pengaduan korban adalah...
A. Membuat kronologi kasus
B. Melakukan klarifikasi dan verifikasi
C. Mengintimidasi pelaku dengan kekerasan
D. Mengidentifikasi kebutuhan korban
Pembahasan :
Jawaban : C
3. Sekolah dapat menyediakan layanan/media pengaduan yang aman dan rahasia melalui…
A. Layanan telepon dan email sekolah
B. Layanan pengaduan via aplikasi pengiriman pesan
C. Layanan pengaduan pada kolom pengaduan di website sekolah
D. Semua benar
Pembahasan :
Jawaban : D
4. Dari skenario berikut, mana yang merupakan perubahan sosial yang bisa diidentifikasi dari korban perundungan?
A. Sinta tidak lagi aktif berinteraksi dengan teman-teman dekatnya.
B. Mikael memakan bekalnya sendirian di lapangan
C. Putu enggan menyampaikan pendapatnya dalam berdiskusi
D. Semua benar
Pembahasan :
Jawaban : D
5. Berikut yang termasuk ke dalam faktor-faktor penyebab menjadi pelaku perundungan adalah…
A. Keluarga dan sekolah
B. Lingkungan sosial dan kelompok sebaya
C. Tayangan di media massa
D. Semua benar
Pembahasan :
Jawaban : D
6.
Manakah pihak yang tidak memiliki peran dalam terjadinya perundungan?
A. Guru
B. Teman sekelas korban
C. Perundung
D. Semua salah
Pembahasan :
Jawaban : D
7. Ketika memverifikasi masalah setelah menerima aduan perundungan, pendidik dan tenaga kependidikan perlu memperhatikan kesediaan korban/saksi untuk ditanyakan kronologi kejadian. Contoh perilaku yang menunjukkan hal tersebut adalah...
A. Pak Budi memaksa salah seorang murid yang menjadi saksi untuk diwawancara pada jam istirahat
B. Bu Nani secara diam-diam merekam pembicaraannya dengan saksi
C. Kepala Sekolah meminta Ketua OSIS untuk mewawancarai korban secara diam-diam
D. Bu Undung menjelaskan proses wawancara yang akan dilalui korban dan saksi. Bu Undung juga menjelaskan bahwa murid berhak untuk memutuskan tidak mau diwawancarai
Pembahasan :
Jawaban : D
8.
Layanan pengaduan kasus perundungan di sekolah harus memastikan bahwa dua aspek ini dipenuhi, yaitu….
A. Kemudahan dan Keamanan
B. Kemudahan dan Kerahasiaan
C. Kerahasiaan dan Keamanan
D. Kerahasiaan dan Pengertian
Pembahasan :
Jawaban : B
9.
Salah satu bantuan yang dapat disediakan oleh sekolah bagi korban perundungan adalah…
A. Beasiswa pendidikan
B. Voucher membeli buku gratis
C. Bantuan alat belajar
D. Rujukan dan pembiayaan konseling gratis
Pembahasan :
Jawaban : D
10.
Untuk mengatasi perundungan dan mendukung korban, guru dapat melakukan aksi-aksi berikut, kecuali…
A. Memberikan hari libur untuk korban beristirahat
B. Mendiskusikan kebutuhan akademis korban
C. Mendorong interaksi sosial korban melalui kegiatan kelas
D. Berdiskusi dengan orang tua korban
Pembahasan :
Jawaban : B
11.
Ketika menerima aduan mengenai kejadian perundungan, hal pertama yang perlu dilakukan oleh Tim Pengaduan adalah…
A. Melaporkan ke kepolisian
B. Melihat kebutuhan peserta didik yang menjadi korban
C. Berkonsultasi dengan Komnas Perlindungan Anak
D. Berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan Kecamatan
Pembahasan :
Jawaban : B
12.
Di bawah ini, sikap yang tepat terhadap bystander adalah…
A. Menyalahkannya karena bersikap pasif
B. Menanyakan kondisinya
C. Acuh atas keberadaannya
D. Ikut menghukum bystander
Pembahasan :
Jawaban : B
13.
Berikut ini yang buka kecenderungan yang sering ditemukan pada pelaku perundungan adalah…
A. Kurang berempati
B. Mengganggu teman-teman
C. Tidak peduli perasaan orang lain
D. Sering mengikuti kegiatan kepanitiaan di sekolah
Pembahasan :
Jawaban : D
14.
Apa yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ally atau sekutu?
A. Melaporkan perundungan
B. Menghiraukan korban
C. Menghiraukan perundungan
D. Menghentikan tindakan perundungan
Pembahasan :
Jawaban : A
15.
Untuk menghadapi pelaku perundungan yang akar masalahnya dari tayangan dan informasi di media massa, respons guru yang lebih tepat adalah…
A. Memberi informasi tentang tayangan yang patut maupun tidak patut untuk ditonton
B. Mendiskusikan dengan orang tua pelaku terkait pendampingan dalam mengkonsumsi informasi dan tayangan di media
C. Meminta orang tua memutus akses ke gawai yang dimiliki pelaku
D. A dan B benar
Pembahasan :
Jawaban : D
0 Comments