Kunci
Jawaban Post Test Modul 8 Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 8 Profil
Pelajar Pancasila dalam pembelajaran sebagai berikut :
1. Yang termasuk luaran jangka panjang dari kurikulum
nasional adalah...
A. Capaian Pembelajaran
B. Profil Pelajar Pancasila X
C. Alur Tujuan Pembelajaran
D. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
2. Berikut yang bukan termasuk 3 cara dalam
mengintegrasikan ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila secara konsisten dalam
program kurikulum adalah....
A. Terintegrasi dalam program dan kegiatan ekstrakurikuler
B. Menjadi bagian dalam pembelajaran sehari-hari di kelas
C. Termuat dalam visi misi sekolah X
D. Pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar
Pancasila
3. 1. Tema projek yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud
Ristek
2. Mata pelajaran yang berkaitan
3. Muatan elemen profil pelajar Pancasila yang ingin
ditanamkan pada murid.
4. Fase murid
5. Keterkaitan tema dengan visi misi sekolah
6. Kondisi lingkungan dan budaya lokal setempat
Dari ke-6 poin di atas, yang perlu diperhatikan oleh satuan
pendidik saat pelaksanaan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah...
A. 1,2,3,4,5,6 X
B. 1,2,3,4,6
C. 1,3,4,6
D. 1,2,3,6
4. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, murid berinteraksi dan
belajar bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda dari teman sekelasnya. Hal
ini termasuk penguatan dari dimensi...
A. Kreatif
B. Mandiri
C. Bernalar kritis
D. Berkebinekaan global X
5. Bu Ilmi adalah guru mata pelajaran PPKn kelas X. Saat
pembelajaran ia memberikan muridnya projek mengamati konsep gotong royong yang
berkembang di lingkungan tempat tinggalnya. Projek dilaksanakan secara
individu. Bu Ilmi memberi waktu 1 bulan untuk murid mengamati dan melakukan
wawancara dengan pemimpin dan warga setempat. Ia mengarahkan muridnya untuk
membuat perencanaan projek dan memberikan kebebasan murid menentukan bentuk
laporan hasil projek.
Praktik yang dilakukan Bu Ilmi adalah salah satu cara
mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran, yaitu untuk
dimensi ...
A. Dimensi bergotong royong, karena murid mempraktikan
konsep gotong royong dalam projeknya
B. Dimensi mandiri, karena murid belajar membuat
perencanaan projek dan mengatur jadwal wawancara X
C. Dimensi kreatif, karena murid belajar menghasilkan
gagasan yang orisinal dalam memilih tema projek
D. Tidak ada jawaban yang benar

No comments:
Post a Comment