TOPIK
: Profil Pelajar Pancasila
Tentang ke-6 dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila dan
imlementasinya dalam pembelajaran
Adapun kunci jawaban ini admin dapatkan setelah mengikuti
Pelatihan mandir yang ada di portal merdeka mengajar.
Adapun Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Dimensi
Berkebinekaan Global, dan Berakhlak Mulia yang benarnya sudah admin tandai
dengan cetak berwarnah biru. Untuk jawaban saya perhatikan tiap guru berbeda
beda urutan nomor dan pilihan jawaban tetapi untuk soal dan jawaban tidak
berbeda hanya sifatnya di acak. Jadi disini guru perlu membaca baik baik
sehinnga tidak salah menjawab.
Kunci
Jawaban Post Test Modul 3 Dimensi Berkebinekaan Global
Adapun soal dan KunciJawaban Post Test Modul 3 Dimensi
Berkebinekaan Global sebagai berikut :
1. Berikut ini merupakan elemen-elemen dari dimensi
Berkebinekaan Global, kecuali...
A. Komunikasi dan interaksi antar budaya
B. Menghormati keanekaragaman budaya x
C. Mengenal dan menghargai budaya
D. Berkeadilan sosial
2. Anak-anak sejak kecil perlu diperkenalkan dengan budaya
di mana ia hidup agar menghargai dan menghormati budayanya. Berikut ini manakah
cara yang paling tepat dilakukan guru untuk mengenalkan dan menghargai budaya
kepada anak?
A. Bemain permainan daring modern
B. Menghafalkan nama produk/hasil budaya yang ada
C. Membiasakan penggunaan contoh budaya luar saat mengajar
D. Memberikan tugas mewawancarai orang di sekitarnya
tentang asal-usul budaya/kebiasaan masyarakat x
3. 1. Berkomunikasi antarbudaya
2. Menghilangkan stereotipe dan prasangka
3. Menimbang dan menumbuhkan berbagai perspektif
4. Menyelaraskan perbedaan budaya
5. Dari pilihan di atas, manakah yang merupakan sub-elemen
6. dari elemen komunikasi dan interaksi budaya…
A. 2 dan 4
B. 2 dan 3 x
C. 1 dan 3
D. 1 dan 4
4. Satya mempunyai banyak sekali teman dengan latar
belakang yang berbeda-beda. Ia sering melihat kebiasaan temannya yang berbeda
dengan dirinya. Tak jarang ia berbeda pendapat dengan temannya hingga
membuatnya kesal dan menganggapnya kurang baik.
Sebagai guru, apa yang harus dilakukan agar Satya dapat
belajar dari pengalaman kebinekaannya?
A. Menasehati Satya dan temannya karena membuat kegaduhan
ketika berpendapat
B. Memisahkan Satya dari teman yang dianggap berbeda dan
kurang baik
C. Meminta Satya mengalah dan mengikuti pendapat temannya
D. Mengajak Satrya merefleksikan pengalamannya dengan
pertanyaan-pertanyaan yang tepat x
5. Berikut ini manakah yang merupakan contoh perilaku yang
mencerminkan elemen berkeadilan sosial…
A. Murid diberikan kesempatan mengungkapkan pendapat dan
suaranya x
B. Murid diberikan aturan yang dibuat oleh guru dan
sekolahnya
C. Murid dilatih berkompetisi dengan murid lain.
D. Murid diajar dengan metode dan strategi pembelajaran
yang sama di kelas
No comments:
Post a Comment