Kunci
Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Adapun soal dan Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Persiapan
Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai berikut :
1. Simak langkah-langkah berikut:
1. Murid menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa
yang ingin dia ketahui
2. Murid melakukan refleksi atas kemampuannya
3. Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan
kompetensi dari capaian murid
4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai
bersama
Alur tahapan pembuatan tujuan belajar oleh murid yang tepat
adalah...
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 4-3-2-1
D.
4-2-3-1
2. Bagaimana perubahan peran Guru dalam sebuah kelas yang
menerapkan pembelajaran berdiferensiasi?
A. Guru adalah sumber belajar utama dan murid mengikuti apa
yang telah ditetapkan.
B. Guru bukan sumber belajar utama, sehingga murid bisa
belajar dari siapa saja dan mana saja.
C. Guru menjadi mediator antar murid agar terjadi transfer
pengetahuan di kelas.
D. Guru menjadi motivator yang mengamati murid dari jauh
selama proses belajar.
3. Pak
Bonu ingin mengajak peserta didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran,
khususnya pada tahap perencanaan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh
Pak Bonu adalah
A.
Mengajak murid untuk menyepakati target dan tujuan belajar.
B.
Mengajak murid berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang
diinginkan saat belajar.
C. A
dan B adalah jawaban salah
D. A dan B adalah jawaban benar
4. Bu Esther ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga
ia dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan
minat muridnya. Ternyata Bu Esther tetap kesulitan karena semua murid tetap
bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Apa yang dapat Bu
Esther lakukan?
A. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan tanggung
jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja
sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru
lebih besar dari murid.
B. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan
tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk bekerja
sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh
diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C. Bu Esther dapat melakukan praktik pelepasan
tanggung jawab bertahap. Ia mengajak murid-murid dalam grup untuk menghasilkan
sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja
sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid mempunyai porsi tanggung jawab
yang lebih besar dibanding guru.
D. Semua salah
No comments:
Post a Comment