Kunci Jawaban Post Test
Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil Pancasila
Latihan
Pemahaman 1
1.
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dapat dilakukan secara
kolaboratif dengan melibatkan pemangku kepentingan yang dapat mendukung
keberlangsungan projek di sekolah. Kapankah para pemangku kepentingan ini dapat
berkolaborasi untuk kegiatan berprojek?
A. Pada awal
projek untuk mendukung rancangan program
B. Pada
tengah projek untuk mengawasi berproses
C. Pada
akhir projek untuk mengevaluasi pelaksanaan projek
D. Semua benar
2. Apa yang
dimaksud dengan Identifikasi tahapan Kesiapan satuan pendidikan?
A. Suatu
upaya untuk menghimpun rencana membuat asesmen
B. Upaya untuk mengidentifikasi kesiapan sekolah sebelum memulai
projek
C. Upaya
untuk mengklasifikasi sekolah-sekolah dalam wilayah
D. Upaya
untuk mengidentifikasi kesiapan orang tua dan murid
Latihan
Pemahaman 2
Berikut adalah beberapa hal
yang dapat kita pertimbangkan untuk mengembangkan tema projek, kecuali
A. Kepentingan kepala sekolah dan guru
B. Isu-isu
terkini
C. Perayaan
nasional/internasional
D. Kebutuhan
murid
Latihan
Pemahaman 3
Apakah salah
satu bentuk asesmen alternatif yang dapat digunakan untuk melihat keterampilan
murid secara holistik?
Projek
Tes pilihan
ganda
Tes esai
Tes membaca
Adapun soal
dan Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Merancang Projek Penguatan Profil
Pancasila sebagai berikut :
1. Bagaimana
peran projek sebagai asesmen?
A. Projek
dapat memberikan pengalaman kepada murid
B. Dengan kegiatan berprojek dapat terlihat ketercapaian
perkembangan murid secara holistik, bukan hanya hasil akhirnya saja.
C. Projek
menghubungkan murid dengan dunia nyata
D. Dalam
projek, murid merasa memiliki penuh akan aktivitas yang dilakukannya0
2. Setiap
pemangku kepentingan mempunyai peran penting untuk mendukung program
pembelajaran projek di satuan pendidikan. Murid dan orang tua bukanlah salah
satu pemangku kepentingan yang bepengaruh dalam projek.
Pernyatan di
atas adalah...
Benar
Salah
3. Ketika
konsep pembelajaran berbasis projek sudah dipahami sebagian pendidik (>50%)
dan pembelajaran berbasis projek sudah menjadi kebiasaan sekolah tetapi belum
terjadi lintas disiplin ilmu, berada dalam tahap manakah satuan pendidikannya?/
A.
Tahap Awal
B.
Tahap Berkembang 0
C. Tahap Lanjutan .
D.
Dapat bebas memilih tahapan
4. Bu Meiske
dan tim fasilitas projek sedang merancang modul projek yang akan dilakukan di
fase F. Berikut adalah contoh pengalokasian waktu yang dapat dilakukan,
kecuali....
A.
Menetapkan satu hari dalam seminggu sebagai hari pengerjaan projek
B. Memberikan kebebasan bagi murid untuk menentukan
sehingga tidak ada tanggal tetap
C.
Menetapkan waktu dengan sistem blok untuk pelaksanaan projek
D.
Menetapkan beberapa hari dalam satu minggu sebagai waktu pelaksanaan projek.
5. Bu Loli
sedang bingung memikirkan tema untuk dilaksanakan di semester 2. Terdapat dua
pilihan yaitu, tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dan "Gaya Hidup
Berkelannjutan". Mengingat pada semester 2 akan ada perayaan Hari Bumi, Bu
loli dan Tim Fasilitator merasa tema "Gaya Hidup Bekelanjutan"
sangatlah cocok untuk dilakukan. Di sisi lain "Bangunlah Jiwa dan
Raganya" juga menarik untuk dijadikan tema projek. Langkah apakah yang
dapat Ibu Loli dan tim fasilitas projek lakukan untuk mengkomodir tema-tema di
atas?
A. Mengambil tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dalam
kegiatan projek, sedangkan tema "Bangunlah Jiwa dan Raganya" dapat
diintegrasikan dalam rutinitas sehari-hari seperti olah raga rutin, diskusi
personal antara guru dan murid, dan sesi cerita terkait pengalaman
sosial-emosional.
B. Bertanya
pada mitra terdekat seperti pengawas dan kepala dinas untuk menentukan tema
C. Melakukan
observasi dan pemeriksaan pencapaian murid, lalu membagi murid dikelas untuk
melakukan projek dengan "Gaya Hidup Berkelanjutan" dan
"Bangunlah Jiwa dan Raganya" sesuai peminatan dari hasil observasi
D. Semua
benar
No comments:
Post a Comment